Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Membaca Melalui Penerapan Metode Drill di Kelas 2 SDN Pasirangsana 02 Kabupaten Bogor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam membaca melalui penerapan metode drill di Kelas 2 SDN Pasirangsana 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik melalui Penelitian Tindakan Kelas. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model alir (flow model). Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Membaca di SDN Pasirangsana 02 pada peserta didik Kelas 2 semester 1 tahun pelajaran 2021-2022. Hal ini diketahui bahwa nilai terendah pada pra siklus adalah 60 dan pada siklus 1 dengan nilai terendah 60 kemudian pada siklus 2 nilai terendah 80. Selanjutnya nilai tertinggi pada pra siklus adalah 80 kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 100 dengan ketuntasan belajar pada pra siklus sebanyak 5 orang (20,83%), siklus 1 sebanyak 12 (50%) dan siklus 2 sebanyak 24 orang (100%) Hal ini menandakan bahwa metode drill cocok untuk diterapkan pada materi Membaca.
References
Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurviati. (2015). Proses Pembelajran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Quadra Mitra Melati.
Miles, M.B. and Huberman, A.M. Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.
Resmini. (2016). Membaca Dan Menulis Di SD: Teori Dan Pengajarannya. Bandung: UPI Press.
Sanusi, I.A., Syamsuddin, dan Santosa, P.B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta didik Membaca Intensif Melalui Metode Latihan Terbimbing Di Kelas IV SDN Inpres Bentean Kabupaten Bangai Kepulauan. Jurnal: Kreatif Tadulako Online, 2(3).