Peningkatan Pemahaman Siswa Melalui Metode Problem Based Learning (PBL)

  • Nur Laila Agustin Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan Arrahmaniyah
  • Antonia Junianty Laratmase STKIP Arrahmaniyah
  • Ova Huzaefah STKIP Arrahmaniyah
  • Hesti Mustika Ati STKIP Arrahmaniyah
  • Nur Fadli Hazhar STKIP Arrahmaniyah
  • Artono Arto STKIP Arrahmaniyah
  • Wirda Indah STKIP Arrahmaniyah
Keywords: problem-based learning, pemahaman

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.  Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor. Objek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Rangkapanjaya yang berjumlah 31 siswa.  Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes pemahaman siswa pada materi suhu kalor dan lembar observasi guru dalam menerapkan metode Problem Based Learning. Indikator keberhasilan yang diterapkan berupa nilai tes pemahaman materi ≥70 (KKM) dengan presentase  ketuntasan yaitu ≥75% atau 24 Siswa. Hasil penelitian pada Pra-Penelitian yaitu rata-rata 60,19 dengan 7 siswa yang tuntas dan presentase ketuntasan 22,58% dari 31 siswa. Siklus I rata-rata 72,42 jumlah yang tuntas 15 siswa dengan presentase 48,39%. Siklus II rata-rata 84,19 jumlah siswa yang tuntas 27 siswa dengan presentase 87,10%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor siswa kelas V SD Negeri Rangkapanjaya Kota Depok.

References

Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1001–1004. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Anas, N. (2018). Pembelajaran IPA: Dari Fakta Menuju Teori. Nizhamiyah: Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.30821/niz.v8i1.251
Aningsih, & Agustina, S. S. (2021). Model Picture and Picture sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, IX(1), 34–42. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Elvira, E. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). iqra: Jurnal ilmu kependidikan dan keislaman, 16(2), 93–98. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602
Fariana, M. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP, 1(1), 25–33. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Huzaefah, O. (2017). Studi Tentang Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Komunitas Sekolah Rumah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.16264
Indrawan, I., Wijoyo, H., Suherman, & Wiguna, I. M. A. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. In Al-Munadzomah. Penerbit CV. Pena Persada. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v2i1.397
Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.19
Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506
Lestari, B., Saleha, N., Richmasari, S., & Alfan, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbasis HOTS Pada Pembelajaran IPA. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.33654/pgsd
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.475
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rombe, Y. P., Murtihapsari, M., Alberta, F., Yogaswara, R., & Surbakti, P. S. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Secara Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 67–74. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.38402
Sriyatno. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 5(3), 248–253.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Deepublish Publisher.
Published
2025-04-08
How to Cite
Agustin, N. L., Laratmase, A. J., Huzaefah, O., Ati, H. M., Hazhar, N. F., Arto, A., & Indah, W. (2025). Peningkatan Pemahaman Siswa Melalui Metode Problem Based Learning (PBL). Premium Insurance Business Journal, 10(2), 41-49. https://doi.org/10.35904/premium.v10i2.199