Suatu Analisis Regresi pada Dampak Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia pada Era Revolusi Industri 4.0.

  • Nieke Masruchiyah Universitas Borobudur
  • Saeful Ardi Universitas Borobudur
  • Pudji Astuty Universitas Borobudur
Keywords: promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Tokopedia pada era revolusi industri 4.0. Responden dan sampel yang digunakan berjumlah 101 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantiatif dengan skala likert. Data yang digunakan adalah data primer dengan sampel sebanyak 101 responden dan menggunakan. analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) diolah dengan  bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Variabel promosi tidak berpengaruh signifikann terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan penelitian ini yaitu di harapkan tokopedia mampu meningkatkan promosi, memotivasi konsumen untuk memberikan ulasan dan memberikan harga lebih kompetitif dari marketplace lainnya dan dan memaksimalkan teknologi di era revolusi industri 4.0 untuk menarik daya beli konsumen dan tujuan perusahaan, serta mendaptkan konsumen lebih banyak lagi ditengah persaingan yang semakin ketat.

References

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170
Masruchiyah, N., Astuty, P., & Ardi, S. (2023). Pengaruh promosi, ulasan konsumen dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di tokopedia yang di moderasi oleh era revolusi industri 4.0. Jurnal Manajemen FE-UB, 11(1), 81–103.
Nabilah, P., Mhd, Y., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26
Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review:T Eori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(18), 128.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Published
2023-07-31
How to Cite
Masruchiyah, N., Ardi, S., & Astuty, P. (2023). Suatu Analisis Regresi pada Dampak Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia pada Era Revolusi Industri 4.0. Premium Insurance Business Journal, 10(1), 56 - 63. https://doi.org/10.35904/premium.v10i1.47