PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT BELI PRODUK ASURANSI MIKRO DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR JAKARTA TIMUR

  • Heriansyah Putera Program Studi S1 Manajemen, Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
  • Wahyuari Wahyuari Program Studi S1 Manajemen, Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
Keywords: Pemahaman, Kepercayaan dan Minat Beli

Abstract

Asuransi Mikro adalah asuransi yang diperuntukan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dengan fitur yang sederhana, mudah didapat serta cepat dalam penanganannya. Asuransi mikro ini diharapkan dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki asuransi. Penelitian ini berjudul Pengaruh Pemahaman Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Beli Produk Asuransi Mikro Di Kelurahan Cakung Timur Jakarta Timur. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pemahaman dan kepercayaan terhadap minat beli produk asuransi mikro. Penelitian ini dilakukan di RW 13. Populasi dalam penelitian ini adalah warga masyarakat di RW 13 dan sampel yang digunakan adalah data responden sebanyak 71 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien determinasi serta persamaan regresi sederhana dan berganda yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS. Nilai probabilitas yang digunakan adalah 0.05. Hasil pengujian analisis data menunjukan bahwa uji Parsial T untuk variabel pengaruh Pemahaman (X1) memiliki pengaruh yang terhadap Minat Beli Produk Asuransi Mikro (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan variabel Kepercayaan (X2) memiliki pengaruh yang terhadap Minat Beli Produk Asuransi Mikro (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pengujian secara simultan (Uji F) variabel independen yaitu Pengaruh Pemahaman dan Kepercayaan, dengan memiliki F-hitung sebesar 348,641 > 3.13 dari F-tabel. Artinya variabel independen yaitu Pemahaman dan Kepercayaan memiliki pengaruh dengan variabel dependen yaitu Minat Beli. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara uji koefisien determinasi (R square) diperoleh 0.911 atau 91,1% yang artinya bahwa variabel Pemahaman dan Kepercayaan mempunyai pengaruh sebesar 91,1% dengan Minat Beli dan sebagian besar lainnya 8,9% dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

 

References

Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information Systems, 27-51.

Hartono, S. R. (1992). Hukum Asuransi Dan Perusahaan Asuransi. Jakarta: Sinar Grafika.

Hartono, S. R. (2008). Hukum Asuransi Dan Perusahaan Asuransi. Jakarta: Sinar Grafika.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok- Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maharani, A. D. (2010). "Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Syariah Cabang Semarang" (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Siyoto, Sandu, dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metedologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian &Pengembangan, Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 9/SEOJK.05/2017 Tentang Produk Asuransi Mikro dan Saluran Pemasaran Produk Asuransi Mikro. (2017).

Syahatah, H. (2006). Asuransi Dalam Perspektif Syariah. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Widiasworo, E. (2017). Smart Study. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Published
2022-12-30
How to Cite
Putera, H., & Wahyuari, W. (2022). PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT BELI PRODUK ASURANSI MIKRO DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR JAKARTA TIMUR. Premium Insurance Business Journal, 9(2), 48 - 59. https://doi.org/10.35904/premium.v9i2.39