OPTIMALISASI DAN KONTRIBUSI USAHA TRAVEL AGENT KEPADA MASKAPAI PENERBANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Primadi Candra Susanto

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini bagaimana usaha travel agent kepada maskapai penerbangan, perubahan yang signifikan pada trend aktivitas wisata akibat munculnya pandemi Coronavirus (Covid-19) memberikan efek besar pada kebiasaan dan perilaku para turis local maupun turis asing, termasuk dalam sektor travel agent dan transportasi udara. Pandemi membuat batas antar-wilayah kembali menjadi jelas oleh karena limitasi-limitasi yang muncul membuat akses masyarakat untuk berpindah-pindah atau berlibur menjadi sangat terbatas. Kondisi demikian memberatkan mayoritas masyarakat di Indonesia karena umumnya kegiatan sektor pariwisata yang biasanya bebas mengunjungi suatu daerah untuk mengumjungi destinasi menarik di daerah tersebut sangat terbatas karena adanya kegiatan karantina wilayah, yang tentu saja artinya berkegiatan di luar rumah sangat terbatas. Hal ini mengakibatkan kompleksitas permasalahan turunnya penjualan tiket di usaha travel agent yang selama ini penjualan tiket pesawat tersebut mendukung perputaran ekonomi perusahaan penerbangan, pandemi covid-19 ini mengakibatkan seperti pemutusan hubungan kerja, perpindahan barang terbatas dan jasa travel juga terjadinya penurunan omset, pandemi covid-19 ini juga mengakibatkan penurunan okupasi sektor perhotelan dan pariwisata. Terkait percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi, Indonesia perlu meningkatkan upaya melalui terobosan ekonomi dan industri kreatif di sektor pariwisata. Dengan optimalisasi moda transportasi udara dan tren pariwisata normal baru dapat menjadi jembatan penghubung dalam sektor pariwisata nasional. Pariwisata yang berbasis partisipasi masyarakat dan pemanfaatan sumber daya domestik sebagai lokasi wisata juga akan mendukung pemulihan ekonomi nasional, adaptasi kebiasaan pariwisata normal baru perlu didukung dengan penerapan kemudahan terbang dengan pesawat udara agar para turis tidak terkendala dengan peraturan yang ada, bila kemudahan tersebut diberikan pastinya usaha travel agent untuk menjual tiket pesawat terbang akan normal kembali.

 

Kata Kunci:  Optimalisasi; Kontribusi; Travel Agent; Maskapai; Covid-19

 

 


Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2013

Nawawi, Hadari H. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Press, 2015

Fanaqi, C., & Pratiwi, R. M. (2020). Strategi Branding Pelaku Usaha Pariwisata di Masa Pandemi. 2(4), 263–273.

Kusuma, I. D. G. (2020). Wacana Pariwisata Bali Dalam Pusaran Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.47532/jic.v3i2.199

Pambudi, A. S., Masteriarsa, M. F., Dwifebri, A., Wibowo, C., Amaliyah, I., & Ardana, K. (2020). Strategi Pemulihan Ekonomi Sektor Pariwisata Pasca Covid-19. 1(1), 1–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.